Niat Puasa Senin Kamis Beserta Artinya

Niat Puasa Senin Kamis – Apakah kamu ingin berpuasa sunnah senin kamis ?. Puasa senin kamis adalah salah satu puasa sunnah yang juga dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW. Kali ini akan dijelaskan bagaimana bacaan niat puasa sunnah senin kamis, niat puasa senin kamis lengkap arab, latin dan artinya.

niat puasa senin kamis
by tribun

Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis dan Artinya

Puasa senin kamis adalah puasa yang dijalankan pada hari senin dan kamis, mulai dari sebelum shubuh hingga terbenamnya matahari. Cara menjalankan puasa senin kamis juga sama dengan puasa ramadhan, yang berbeda hanya waktunya saja yaitu dijalankan pada hari senin dan kamis.

Bagi kamu yang ingin menjalankan puasa senin kamis, silahkan anda hafalkan bacaan niat puasa senin kamis berikut ini:

Lafadz Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Lafadz Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya :
Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Demikianlah lafadz bacaan niat puasa sunnah senin dan kamis yang bisa kamu hafalkan sebelum menjalankan puasa senin kamis. Tahukah Anda, kenapa Baginda Nabi Muhhamad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunah senin kamis? Ternyata, hari senin dan hari kamis merupakan hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Diantaranya yaitu, segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat.

Hal itu sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya :

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Selain itu, puasa sunnah senin kamis juga memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT. Bagi setiap umat muslim yang mau mengerjakannya , Allah SWT akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam hadits Qudsi-Nya yang berbunyi:

Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat. (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Dalam hadist diatas , maksud dari “Puasa” yaitu puasa secara umum, baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Tidak terkecuali puasa sunnah senin kamis ini.

Maka dari itu sangat baik untuk melaksanakan puasa sunnah di kedua hari tersebut, yaitu puasa sunnah hari senin dan hari kamis. Semoga bacaan niat puasa senin kamis bermanfaat untuk anda semua.

171 total views, 2 views today