Niat Membayat Hutang Puasa Ramadhan Sekaligus Artinya

Niat Membayar Hutang Puasa Ramadhan beserta artinya – Sebentar lagi kita memasuki di bulan penuh berkah,bulan Ramadhan.Setiap umat muslim wajib hukumnya untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan.Dikarenakan wajib hukumnya,apabila seseorang muslim berhalangan puasa di bulan Ramadhan,maka dia diwajibkan untuk membayar atau mengqadha puasa ramadhan.

Secara umum,kaum perempuan memiliki kodrat yang sudah ditentukan oleh Allah SWT akan datangnya masa masa haid,melahirkan maupun menyusui,Yang mana hal tersebut menjadi alasan utama mengapa kaum perempuan secara pasti melaksanakan ibadah puasa Ramadhan kurang lengkap.

Niat Qadha/Membayar Puasa Ramadhan beserta artinya

Dengan beragam alasan,kita mungkin sering atau pernah meninggalkan puasa di bulan Ramadhan.Terutama bagi kaum muslimah pasti dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan tidak bisa melaksanakan puasa sebulan penuh karena kodratnya sebagai wanita.

Oleh karena itu, sebelum kita memasuki bulan ramadhan sebentar lagi,sebaiknya kita harus sudah membayar atau mengqadha puasa ramadhan dan itu wajib hukumnya. 

Adapun untuk lafadz niat mengganti / mengqadha puasa ramadhan dalam bahasa arab, tulisan latin dan artinya adalah sebagai berikut:

Niat Qadha/Membayar Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan artinya

niat membayar puasa ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى
NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN QADAA’IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA’ALAA

    Artinya :
    Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala 

Itulah  niat qadha puasa ramadhan. Jika Anda memiliki hutang puasa ramadhan tahun lalu, silakan segera dibayar hutang tersebut sebelum datang kembali puasa ramadhan tahun ini.

Ingat…!!! Orang yang meninggalkan puasa ramadhan sama halnya memiliki hutang kepada Allah SWT. Dan setiap hutang wajib hukumnya untuk diayar, terlebih hutangnya kepada Allah SWT yakni hutang puasa ramadhan. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya “Berhutang kepada Allah lebih berhak untuk ditunaikan (HR. Muslim)”.

450 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *