Kumpulan Doa Yang Mustajab Dan Sering Dipergunakan Para Nabi

Kumpulan Doa Yang Mustajab – Semua dari kita tentu mempunyai sebuah keinginan dan harapan.Bagi seorang muslim,keinginan dan harapan di haturkan atau di curahkan hanya kepada Allah SWT dengan cara berdoa.Hanya dengan berdoa kepada Allah SWT lah,maka harapan dan keinginan kita akan dikabulkan.

Kumpulan Doa Yang Mustajab
Photo Source:Unsplash.com

Bagaimana supaya doa kita bisa dikabulkan oleh Allah SWT?doa yang segera dikabulkan oleh Nya adalah doa yang Mustajab.Doa yang mustajab ini juga tidak serta merta akan dikabulkan.Karena setiap doa juga mempunyai tata cara atau adzab dalam melakukan doa supaya doa tersebut di ijabahi oleh Allah.Dan doa tanpa diiringi dengan usaha juga sulit untuk dikabulkan.Dikabulkan nya doa seseorang adalah hal mutlak yang dimiliki oleh Allah dan kita tidak patut untuk mempertanyakannya.

Berikut Doa Mustajab Yang Sering Dilakukan Para Nabi

1.Doa Selamat Dunia Dan Akhirat (Sapu Jagad)

Seringkali Rasulullah Muhammad Shallalahu alaihi Wasalam menggunakan doa ini dalam setiap kesempatan yang maksud dari doa ini adalah mencakup keseluruhan yang berisi selamat dunia dan akhirat dan doa untuk terbebaskan dari siksa api neraka.

Dan juga sahabat Rasulullah juga sering menerapkan doa ini.Doa yang singkat dan mudah di hafal serta tidak terlalu panjang untuk di ucapkan/lafadz kan

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ROBBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR.

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Baqarah: 201)

Penjelasan doa tersebut juga di riwayatkan dalam sebuah hadist berikut ;

“Jika Anas radhiyallahu ‘anhu hendak berdoa, ia pasti berdoa dengan doa tersebut. Jika ia hendak berdoa dengan doa yang lain, ia pun menyisipkan doa tersebut di dalamnya.” (HR. Muslim, no. 2690)

“Tidaklah seorang nabi maupun orang saleh berdoa melainkan mereka menggunakan doa ini.” (Fath Al-Bari, 2:322)

2. Doa Meminta Ampunan dan Rahmat

Setiap manusia tak dapat menghindari apa yang di sebut musibah.Musibah datang tanpa kita sadari dan terjadi sewaktu waktu.Menurut Rasulullah,kita bisa mengurangi tingkatan musibah dengan cara melakukan sedekah.Inilah yang biasa kita namakan sebagai tolak bala.

Selain bersedekah,kita juga dianjurkan untuk melakukan doa agar kita bisa terhindar dari musibah.Doa tolak bala seringkali diajarkan oleh para ulama dengan bertujuan kita selamat dari segala musibah.Sebelum melakukan doa tolak bala,dianjurkan kita selalu membaca surat Al-Fatihah dan doa tolak bala sebagai berikut :

اللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَسِرِّ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ، يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحِيْمُ.

Yang Artinya :
“Ya Allah, dengan hakikat dan rahasia Al-Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, waha Tuhan yang kepada hamba-Nya mengampuni dan menyayangi, wahai penolak bala ya Allah wahai pengasih, wahai penolak bala ya Allah wahai penyayang”

Selesai membaca doa tolak bala tersebut,sebaiknya kita menutup dengan bacaan pujian shalawat sebagai berikut ini :

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامً عَلَى المُرْسَلِيْنَ، وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Artinya :
“Semoga Allah memberikan shalawat untuk Sayyidina Muhammad, keluarga, dan semua sahabatnya. Maha suci Allah dari segala apa yang mereka sifatkan.Salam Allah untuk para rasul-Nya. Segala puji bagi Allah tuha semesta alam ”

3. Doa Mohon Ampunan dan Rahmat

Doa ini diriwayatkan dalam Al Qurat Surat Al-A’raf ayat 23 merupakan doa tobat dari Nabi Adam serta istrinya Siti Hawa yang termakan hasutan setan dan iblis sehingga melanggar apa yang telah di larang oleh Allah SWT yakni memakan buah kuldi

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَسِرِينَ

Rabbana zalamna anfusana wa illam tagfir lana wa tarhamna lanaku nanna minal khasirina

Artinya :
” Ya Tuhan kami,kami telah menzalimi diri kami sendiri.Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami,niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi “

171 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *