6 Dandanan Ini Dihalalkan Oleh Islam

Inilah 6 Dandanan Yang Dihalalkan Oleh Islam – Wanita mana yang tidak ingin tampil sempurna? Untuk terlihat sempurna,mereka selalu berdandan.Seorang muslimah apalagi yang telah menikah, berdandan merupakan kegiatan yang wajib dikerjakan supaya terlihat cantik dan menarik dimata suaminya. Meskipun begitu di dalam ajaran Islam,cara berdandan juga ada aturannya.

6 Dandanan Ini Dihalalkan Oleh Islam

Nah, supaya para muslimah yang solehah tidak ikut ikutan berdandan yang diharamkan oleh Islam,maka perlu para muslimah ketahui bagaimanakah cara berdandan yang dihalalkan oleh Islam. simak paparan dibawah ini beberapa cara dandanan yang dihalalkan dalam islam:

1.  Dandanan yang tidak berlebihan dan tidak menghabiskan banyak waktu

Banyak dari wanita berdandan dengan menghabiskan banyak waktu dan mengeluarkan banyak uang untu membeli sebuah produk kecantikan.tentunya ini sangatlah berlebihan.
Di dalam islam,Segala yang berhubungan dengan yang namanya berlebihan tentu tidak diperbolehkan, termasuk juga soal berdandan. Berlebihan dalam mengeluarkan harta dan menghabiskan waktu bisa dikategorikan sebagai pemborosan. Padahal pemborosan merupakan saudaranya setan, sebagaimana dalam Al Quran Surat Al Israa 27 :
“Sesungguhnya pemborosan itu adalah saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya,”

2.    Tampil cantik tanpa merubah semua ciptaan Allah

Ingin terlihat lebih cantik dan menyingkat waktu saat berdandan, beberapa wanita memilih cara cara yang tidak dianjurkan,seperti : mentato alisnya, mencabuti bulu alis,melakukan sulam bibir, dan lain lain.Rasa syukur seorang wanita yang melakukan hal diatas perlu ditingkatkan lagi.Karena mereka merasa tidaklah puas terhadap Ciptaan Allah.Ada sebuah hadits yang terdapat larangan merubah ciptaan Allah, yakni :

Rasulullah SAW bersabda, “Allah melaknat wanita yang membuat tato dan meminta ditato, yang mencabut bulu alis dan meminta dicabut, yang merenggangkan gigi dan memperindahnya, serta wanita-wanita yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. Al-Jami ash-Shaghir).

3.    Tidak menyambung rambut atau meminta disambungkan

Rambut termasuk mahkota berharga bagi wanita, karena itu tak heran jika sebagian besar wanita rela melakukan apa saja demi bisa tampil mempesona, salah satunya : menyambung rambut. Hal itu termasuk aktivitas yang diharamkan dalam islam, sebagaimana dalam hadits berikut :
Rasulullah SAW bersabda, “Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan meminta disambungkan rambutnya.” (HR. Al-Jami’ ash-Shaghir).

4.    Tidak berdandan menyerupai laki-laki

Meskipun wanita identik dengan penampilan yang lemah gemulai, namun ada sebagian wanita yang berusaha mengingkarinya dengan cara berpenampilan menyerupai laki-laki, misalnya : mengenakan celana, rambut cepak, dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat dilarang dalam islam, sebagaimana hadits berikut:
Rasulullah SAW bersabda, “Allah melaknat wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Al-Jami ash-Shaghir).

5.    Tidak menampakkan aurat kepada orang yang bukan muhrim

Menutup aurat adalah syarat utama untuk dandanan muslimah yang tidak bisa ditawar lagi. Karena itu, jangan hanya karena ingin tampil mempesona, lantas Anda lupa menutup aurat.
Rasulullah SAW bersabda, “Laki-laki tidak boleh melihat aurat laki-laki lain, dan wanita tidak boleh melihat aurat wanita yang lain,” (HR. Muslim).

6.    Tidak menunjukkan lekuk tubuh

Lekuk tubuh termasuk aurat yang harus ditutupi agar tidak menarik perhatian non muhrim. Sayangnya saat ini banyak muslimah justru berlomba-lomba untuk tampil se*si dengan menampakkan le*uk tubuhnya, misalnya : tonjolan dikepalanya, pakaian tipis, pakaian ketat dan lain sebagainya. Padahal hal itu sangat dilarang dalam islam dan masuk dalam kategori wanita yang tidak bisa mencium bau surga.

Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya. Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia (maksudnya penguasa yang dzalim), dan perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan.

Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jarak jauh sekali),” (HR. Muslim dan yang lain).

Nah,ternyata banyak juga ya dandanan yang tidak sesuai dengan tuntunan islam. Semoga kita dihindarkan dari dandanan-dandanan yang diharamkan dalam islam.

225 total views, 6 views today